Pada zaman sekarang yang segala sesuatu dengan menggunakan teknologi tidak
lepas dari multimedia yang melengkapi teknologi tersebut, itu kenapa multimedia
mempunyai peranan yang penting dari segala aspek, karena multimedia merupakan
pemicu (triggers) pembaca memperoleh sesuatu yang 'lebih' dibandingkan
topik yang dipelajari. Tidak hanya itu peranan multimedia akan sangat efektif
dalam penyampaian informasi; faktanya menurut Computer Technology Research (CTR):
- Orang mampu mengingat 20% dariapa yang dilihat
- Orang mampu mengingat 30% dariapa yang didengar.
- Orang mampu mengingat 50% dariapa yang didengar, dilihat dan dilakukan
Multimedia
dapat ditempatkan dimana saja selama masyarakat membutuhkan akses ke sumber
informasi elektronik. Multimedia mengubah sajian tradisional komputer yang
berupa teks, menjadi suatu media yang menarik perhatian dan keingintahuan.
Penerimaan informasi menjadi semakin baik, dan jika disusun secara baik,
multimedia juga bisa menjadi amat menghibur.
Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit alergi terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.
Multimedia di Rumah Tangga
Kebanyakan dari produk multimedia sampai ke rumah-rumah lewat televisi biasa atau melalui jaringan komputer pribadi (PC). Pada saat ini, konsumen dari produk multimedia sudah memiliki komputer yang sudah terpasang CD-ROM Player atau televisi yang dihubungkan dengan alat sejenis CD player, seperti Kodak Photo CD, Philips CD-I Player atau Panasonic 3DD Player.
Alat-alat permainan seperti Nintendo, Sega, Playstation atau Atari sudah mulai masuk kerumah-rumah. Banyak dari produk mereka menggunakan teknologi CD yang mengizinkan multimedia masuk ke rumah tangga. Telah terjadi peningkatan penjualan atas produk multimedia hiburan berbasis komputer dan produk game elektronik. Kenyataan ini telah membuka suatu peluang baru bagi pemasaran multimedia, baik untuk hiburan maupun untuk kepentingan usaha yang akan membuat kemudahan baik bagi produsen maupun konsumen.
Multimedia Dalam Pendidikan
Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit alergi terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.
Multimedia di Rumah Tangga
Kebanyakan dari produk multimedia sampai ke rumah-rumah lewat televisi biasa atau melalui jaringan komputer pribadi (PC). Pada saat ini, konsumen dari produk multimedia sudah memiliki komputer yang sudah terpasang CD-ROM Player atau televisi yang dihubungkan dengan alat sejenis CD player, seperti Kodak Photo CD, Philips CD-I Player atau Panasonic 3DD Player.
Alat-alat permainan seperti Nintendo, Sega, Playstation atau Atari sudah mulai masuk kerumah-rumah. Banyak dari produk mereka menggunakan teknologi CD yang mengizinkan multimedia masuk ke rumah tangga. Telah terjadi peningkatan penjualan atas produk multimedia hiburan berbasis komputer dan produk game elektronik. Kenyataan ini telah membuka suatu peluang baru bagi pemasaran multimedia, baik untuk hiburan maupun untuk kepentingan usaha yang akan membuat kemudahan baik bagi produsen maupun konsumen.
Multimedia Dalam Pendidikan
Pada
dunia pendidikan peranan multimedia sangat membantu dalam mempermudah
pembelajaran siswa, guru dan dosen dalam menyampaikan dan menerima dari apa
yang disampaikan. Contohnya: Tutorial, Ensiklopedia (Misal Microsoft Encarta)
dengan demikian para siswa tidak jenuh dan merasa bosan dengan materi yang
disampaikan secara monoton melalui suara, tapi ada tambahan dengan menyajikan
gambar dan video dengan menggunakan sarana multimedia ini. Sehingga para siswa
memliki ketertarikan guna memepelajari lebih dalam materi apa yang disampaikan
oleh guru ataupun dosen.
a.
Multimedia
membuat pelajar mengerti isi pelajaran
b.
Multimedia
membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
c.
Multimedia
menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
d.
Multimedia
mampu menjadi sumber pengetahuan
e.
Multimedia
mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
f.
Multimedia
mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
g.
Multimedia
kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
h.
Multimedia
mampu menghibur selama proses pembelajaran
i.
Multimedia
membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini
j.
Multimedia
memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
k.
Multimedia
membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
l.
Multimedia
memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena siswa diberi
kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai
dengan diri sendiri
m.
Multimedia
mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
n.
Multimedia
menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui
diskusi
o.
Multimedia
memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.
p.
Multimedia
memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi oleh
pihak-pihak lain.
q.
Siswa
dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yang sesuai
dengan minat dan kehendak sendiri.
Barangkali dunia pendidikan adalah dunia yang paling membutuhkan teknologi ini. Sistem pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) mungkin akan mencapai sasarannya dengan menggunakan teknologi ini. Para siswa dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Sebagai contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam aplikasi tersebut siswa dapat memilih periode dan subjek yang akan dipelajari, kemudian dilayar tampilan akan hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarik akan media penyajiannya.
Anak-anak usia pra-sekolah dan TK (Taman Kanak-kanak) pun akan mendapat keuntungan dari teknologi ini. Pada usia ini anak lebih tertarik kepada gambar dan suara. Dengan bimbingan guru dan orang tua mereka dapat “menjelajahi” lebih luas dan imajinasi merekapun akan lebih berkembang. Singkat kata teknologi multimedia dapat memberikan arti baru bagi dunia pendidikan.
Multimedia di Tempat Umum
Hotel, stasiun, pusat perbelanjaan, museum dan tempat tujuan wisata akan menjadi sasaran utama dalam lingkup ini. Stand alone terminal dan kios k akan tersedia ditempat-tempat tersebut guna memberikan informasi. Instalasi alat seperti ini akan mengurangi penggunaan informasi tradisional dan personilnya. Alat ini dapat bekerja sepanjang waktu, bahkan saat tengah malam, dimana tenaga konvensional tidak tersedia.
Kios k disebuah pusat perbelanjaan dapat memberikan informasi tentang keadaan pusat perbelanjaan tersebut mulai dari denah lantai, jenis toko sampai penawaran diskon ditoko tersebut. Sebuah kios k disebuah hotel dapat memberikan data restoran terdekat berikut foto dan suara penyanyinya, peta kota, jadwal transportasi dan tempat wisata. Pemasangan printer biasanya disertakan agar pemakai dapat membawa informasi tertulis. Kios k dibandara dapat memberikan jadwal kegiatan bandara, daftar hotel dan apabila telah tersambung dengan sistem jaringan terpadu dapat memberikan pelayanan pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel.
Semua contoh aplikasi diatas menuju satu tujuan, yaitu penyampaian informasi yang cepat, jelas, menarik dan efisien tanpa harus mengurangi nilai dari informasi tersebut.
Multimedia Dalam Bisnis
Pengimplementasian multimedia dalam lingkup bisnis mencakup presentasi, pelatihan, marketing, periklanan, demo produk, database catalog dan komunikasi jaringan. Voice Mail dan Video Confrence dalam waktu dekat ini akan tersedia dibanyak LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network).
Presentasi pagi hari yang membosankan dari slide 35 mm dan OHP (Overhead Proyektor) yang disampaikan dari sebuah divisi penjualan, akan segera digantikan oleh presentasi multimedia yang penuh dengan variasi. Para manajer dapat mempresentasikan ide-idenya lebih dari sekedar teks biasa dan menarik perhatian atasannya.
Pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia) dapat menjadi lebih hidup dan imajinatif. Seorang mekanik dapat mempelajari cara kerja mesin tanpa harus dilumuri oli. Pramugari dapat belajar mengatasi para pembajak melalui suatu simulasi multimedia. Para penjual dapat mendemonstrasikan produk perusahaannya tanpa harus membawa produk aslinya, tetapi tetap memberikan gambaran yang sama hebatnya.
Jika semakin banyak perusahaan dan masyarakat bisnis yang menggunakan kemampuan multimedia, biaya instalasi multimedia menjadi berkurang, akan banayk aplikasi yang dibuat baik oleh divisi perusahaan itu maupun oleh pihak ketiga yang pada akhirnya mengakibatkan proses bisnis menjadi semakin efisien.
Multimedia Dalam Kesehatan
Pada
dunia kedokteran multimedia mempunyai peranan sangat penting dan membantu para
dokter untuk menentukan penyakit dan mendiagnosanya, Contoh pemanfaatan
multimedia pada kedokteran yaiut, X-Ray Scanner.
Mempermudah Dokter dan
Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat
monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X.
Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit
Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan
menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu
merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan
Komputer.
Multimedia
Dalam Bidang Lain
Manfaat komputer dalam
kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah ,
mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah :
Bidang
Transportasi
Dengan komputer semua
jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan
dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi
dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat
bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam
kmputer.
Dengan komputer, narigasi
kapal laut bisa ditentukan koordinat dan
arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan
Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.
Bidang
Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan
dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan
internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat
email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam
arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
Bidang
industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari
kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang
dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer
pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan,
yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
Bidang
Jasa Konstruksi
Dengan komputer para
Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan
perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan
program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan
menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan
komputer.
Bidang
Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah ,
buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer
sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam
jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya,
seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk
mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu
berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
Bidang
Industri Perfilman
Hiburan
sangatlah penting dalam kehidupan manusia, setelah lelah seharian bekerja atau
beraktifitas manusia membutuhkan hiburan yang menghibur untuk istirahat mereka,
dengan adanya multimedia hiburan dikemas dengan sangat menarik Conothnya,
Games, Seni dan pertunjukan.
Semua efek-efek di dunia
akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat
elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan
mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh
film-film Hollywood berjudul TITANIC itu
sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan
tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
Periklanan
tidak akan menarik perhatian jika tidak adanya multimedia, karena dengan
menggunakan multimedia, iklan akan terlihat sangat menarik untuk diperhatikan
dan akan menarik banyak konsumen yang melihatnya, dengan menggunakan suara,
gambar, video, animasi dan teks yang canggih akan menambah nilai lebih dari
suatu iklan. Contoh pemanfaatan multimedia pada iklan yaitu, iklan televis,
bandara, dan lain lain.
Bidang Informasi
Penyebaran
informasi yang baik dan cepat sangat menunjang suatu informasi itu sendiri,
dengan menggunakan multimedia informasi dapat diolah sedemikian rupa sehingga
menarik dan cepat ditangkap,dengan penyediaan multimedia dalam bidang informasi
tampat dan informasi yang kita cari dapat mudah diakses dan memberi daya tarik
lebih. Contohnya pada pariwisata, Museum, Galeri Seni, Seminar, dll
Pemanfaatan Multimedia Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan
Perkembangan teknologi komunikasi dan
informasi yang sangat pesat telah berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan
manusia. Sampai saat ini, menurut TofFler, perkembangan tersebut telah mencapai
gelombang yang ketiga. Gelombang pertama timbul dalam bentuk teknologi pertanian, dimana
era pertanian ini telah berlangsung selama ratusan ribu tahun yang lalu bahkan
sampai sekarang. Gelombang kedua timbul dalam bentuk teknologi industri, era
industri ini telah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu sampai sekarang.
Kini, gelombang ketiga yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi elektronika dan
informatika. Perubahan dari era industri ke era informasi (global) ini hanya
berlangsung dalam hitungan waktu tidak lebih dari setengah abad (Dryden dan
Voss, 1999).
Pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi untuk pendidikan
dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk susuai dengan fungsinya dalam pendidikan. Fungsi teknologi informasi dan
Pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) untuk pendidikan
sudah menjadi keharusan yang tidak dapat ditunda-tunda lagi. Berbagai aplikasi teknologi informasi dan
komunikasi sudah tersedia dalam masyarakat dan sudah siap menanti untuk
dimanfaatkan secara optimal untuk keperluan pendidikan. Pada kondisi
riil, teknologi informasi dan
komunikasi dalam pendidikan
nantinya berfungsi sebagai gudang ilmu, alat bantu pembelajaran, fasilitas pendidikan, standar
kompetensi, penunjang administrasi, alat bantu manajemen sekolah, dan sebagai
infrastruktur pendidikan
Pemanfaatan TIK untuk
Pendidikan
Ada berbagai tren yang
berkembang dalam pemanfaatan TIK khususnya dalam konteks sekolah, tentunya
dengan memperhatikan ketersediaan dan kemudahan akses sumber belajar online.
Berikut ini adalah tren yang berkembang sebagaimana disarikan dari artikel Newer Technologies
for the Learning Society
(C.Villanueva, 2000).
Secara umum, pengintegrasian
secara penuh TIK kedalam pendidikan
masih sangat terbatas. Multimedia interaktif atau hypermedia belumlah
dimanfaatkan secara meluas. Aktivitas Online melibatkan internet dan intranet
lebih banyak digunakan untuk keperluan komunikasi daripada sarana pendidikan interaktif.
Model pembelajaran campuran
yang baru mulai muncul. Pembelajaran tatap muka dan aktivitas belajar online,
video, multimedia dan sarana telekomunikasi menunjang berbagai proses
pembelajaran, kadangkala dalam bentuk kombinasi dan kadangkala dalam bentuk
yang lebih terintegrasi.
Pendidikan jarak jauh
sekarang disajikan dalam dua cara yaitu synchronous mode di mana peserta
menggunakan TIK untuk berkomunikasi pada waktu yang bersamaan dan asynchronous
mode di mana para peserta belajar atau berkomunikasi secara mandiri pada waktu
yang berbeda kapan saja mereka online (anytime-anywhere learning). Dalam
kenyataannya pertemuan tatap muka atau interakasi (synchronous) masih
diperlukan untuk menunjang belajar mandiri dan asynchronous agar belajar dapat
lebih efektif. TIK memfasilitasi interaksi tingkat tinggi antara siswa, guru,
dan materi pembelajaran berbasis komputer. Komunikasi dapat dinamis dan
bervariasi sesuai keinginan siswa dan guru, dan ia dapat terjadi dalam berbagai
bentuk seperti e-mail, mailing list, chat, bulletin board, and konferensi
komputer.
TIK sudah menjadi suatu daya
penggerak perubahan bidang pendidikan
dan mereka adalah suatu bagian integratif dari kebijakan dan rencana pendidikan nasional. Bukti
yang berkembang menunjukkan semakin banyak negara yang mulai melengkapi sekolah
mereka dengan komputer untuk mencapai reformasi sekolah atau usaha peningkatan
sekolah atau bahkan untuk memberi sekolah mereka suatu penampilan modern dan
bertenologi. Bagaimanapun, dalam posisi ini banyak pendidik yang melihat teknologi online sebagai
suatu jalan untuk pengajaran, pelajaran, dan praktek penguasaan baru, hanya
mempunyai sedikit informasi tentang potensi dan penggunaan otentik dari ICT
dalam pendidikan. Pengalaman
menunjukkan bahwa pengenalan tentang teknologi di sekolah
mengalami tiga fasa, yakni suatu tahap penggantian di mana praktek tradisional
masih terjadi tetapi teknologi
baru digunakan; suatu tahap transisi di mana praktek baru mulai muncul dan
praktek lama dipertanyakan; dan suatu tahap transformasi di mana teknologi memungkinkan
praktek baru dan praktek lama menjadi usang. Jika pendidik meminta dengan tegas
atas penggunapan TIK sebagai pengganti praktek yang ada, mereka tidak dapat
berperan untuk memecahkan permasalahan di bidang pendidikan yang saat ini
mereka temui.
Pengenalan TIK di sekolah
telah membawa suatu sikap yang lebih positif terhadap sekolah pada diri siswa.
Karena TKI dan belajar berbasis web menawarkan keaneka ragaman yang lebih besar
dari tujuan, proyek, aktivitas, dan latihan dalam pembelajaran dibanding kelas
tradisional, minat dan motivasi siswapun meningkat secara nyata. Para guru dan
siswa terangsang karena pengajaran menjadi lebih dinamis yang memperluas visi
mereka seperti halnya akses ke bahan belajar dan perangkat lunak bidang pendidikan yang bermutu
tinggi. Lebih dari itu, para guru kelihatannya termotivasi untuk mengajar
dengan lebih kreatif. Portal pembelajaran menghubungkan para guru kepada
sejumlah racangan pelajaran, panduan guru, dan soal-soal latihan siswa yang
ditempatkan di Internet oleh institusi
pemerintah, LSM, dan institusi pendidikan.
Kelas online cenderung untuk
menjadi lebih sukses jika TIK dikombinasikan dengan suatu ilmu pendidikan yang tepat.
Gelanggang pendidikan dari
pembelajaran online masih sangat muda. Saat banyak institusi yang menawarkan
kursus online, pemahaman mendalam tentang isu pedagogis yang berhubungan dengan
pendidikan online masih
belum diselidiki secara mendalam. Banyak kursus online yang hanya halaman web
dikombinasikan dengan e-mail dan ruangan chatting tanpa landasan pedagogis.
Pengalaman-pengalaman sukses menunjukkan bahwa telah ada suatu penurunan dari
aktivitas dipandu guru seperti halnya penurunan jumlah pembelajaran tatap muka
dan bergerak ke arah aktivitas yang berbentuk proyek dan pembelajaran mandiri
sebagai hasil pemanfaatan TIK.
Pembelajaran online
memungkinkan siswa mempunyai kendali lebih besar terhadap kegiatan dan isi
pembelajaran. Lingkungan online mennempatkan siswa di tengah-tengah pengalaman
belajar. Pada pembelajaran tradisional, pengulangan digunakan berkali-kali
dengan memperkenalkan informasi yang sangat serupa dalam format berbeda atau
dengan menanyakan pertanyaan yang sama dengan cara yang berbeda. Padahal banyak
siswa tidak suka latihan yang berulang-ulang. Internet mendorong siswa
untuk menggali informasi dan contoh praktis. Hypermedia dan multimedia
memudahkan pendekatan yang belum pernah terjadi pada pembelajaran tradisional. Internet mempromosikan
suatu alternatif jenis belajar dengan melakukan (learning by doing) di
manapara siswa diminta untuk melakukan proyek yang berhubungan dengan situasi
hidup nyata. Teknologi
menyampaikan informasi dengan penekanan pada penciptaan dan explorasi aktif
terhadap pengetahuan dibandingkan transfer informasi searah, yang memungkinkan
siswa tersebut untuk menggunakan secara penuh kemampuan kognitif mereka
sendiri.
Corak interaktif sumber
belajar memungkinkan siswa untuk terus meningkatkan keterlibatannya dengan
pengembangan isi dan dengan demikian berperan dalam suatu situasi belajar yang
lebih otentik. Sebagai contoh, para siswa dapat mengakses perpustakaan maya di
seluruh dunia. Dengan demikian mereka mempunyai akses ke sejumlah besar
informasi dan sumber belajar yang luas yang tidak dapat dicapai dalam seting
pembelajaran yang tunggal. Sejauh yang terkait dengan guru, sejumlah besar
sumber belajar yang diletakkan di Internet
telah membantu guru dalam menghadapi tantangan mengajar sehari-hari. Para guru
dapat saling betukar rencangan pembelajaran, teknik pedagogis, dan strategi
yang berhubungan dengan isu-isu dan permasalahan umum.
Pembelajaran online
menyediakan perkakas teknis yang membuat belajar lebih mudah. Sebagai contoh,
bahasa yang digunakan untuk mencari informasi dan bahan belajar adalah segera
dan intuitif. Bahasa tersebut tidaklah harus dipelajari oleh pemakai dan dapat
diadopsi dengan usaha minimal. Tatabahasa Dan sintaksis dasar dapat digunakan
sebagai instrumen untuk mencari dan memperoleh informasi. Pengintegrasian
komunikasi dan authoring tools, bersama dengan alat penghubung clickto-connect
telah berhasil dengan mantap mempermudah proses mengecek email, mengakses data,
dan pengaturan atas koneksi konferensi komputer. Teknologi simulasi tau
visualisasi dapat membantu siswa untuk belajar sistem yang kompleks dengan cara
yang lebih kongkrit. Komunikasi percakapan berbasis komputer (Computer Mediated
Chatting = CMC) dan bulletin board dapat melengkapi pertemuan tatap muka.
Pendidikan dan pelatihan
guru sekarang meliputi pembelajaran kolaboratif dan just-intime. TIK membuka
suatu dunia yang utuh dari belajar sepanjang hayat melalui pendidikan jarakjauh,
pembelajaran asynchronous, dan pelatihan atas permintaan. TIK cukup fleksibel
untuk memperkenalkan kursus baru sebagai jawaban langsung atas permintaan yang
semakin meningkat.
TIK membantu memecahkan
isolasi profesional yang banyak diderita para guru. Dengan TIK, mereka dapat
dengan mudah berhubungan dengan para profesional lain, rekan kerja, penasihat,
universitas dan pusat keahlian, dan dengan sumber belajar. Para guru kini
menerbitkan bahan belajar yang mereka kembangkan di Internet dan berbagi
pengalaman mengajar mereka dengan guru lainnya.
Penggunaan jaringan komputer
untuk mempromosikan aktivitas belajar berkelompok menjadi semakin lebih
populer. Teknologi komputer dalam pendidikan bergerak dari
belajar mandiri ke metode belajar jarak jauh berkelompok. Dengan menggunaan
perangkat komunikasi berbasis komputer dan kelompok belajar berbasis web, siswa
dapat menerapkan pengetahuan yang dimiliknya dengan mengkombinasikan usaha
mereka untuk mengembangkan suatu aktivitas atau proyek. Belajar koperatif melalui komputer
mempunyai efek positif atas kinerja tugas kelompok, prestasi individu, dan
sikap terhadap belajar kolaboratif.
Universitas sedang memasuki
fase kemitraan dengan sektor swasta, terutama sekali industri teknologi informasi, dalam
rangka membantu menjaga kelangsungan hidup operasi dan keuangan dari program pendidikan berbasis TIK.
Semakin banyak sekolah menyadari bahwa berhubungan dengan sektor bisnis tidak
akan mengancam sistem persekolahan. Yang lain melihat suatu keuntungan dalam
capitalising atas produk dan jasa pendidikan mereka.
Persekutuan belajar di penyampaian produk dapat menawarkan berbagai manfaat,
seperti pengurangan biaya-biaya pengembangan latihan, berbagi biaya-biaya
penelitian dan pengembangan yang bersama, atau berbagi database dan isi
perpustakaan.
TIK meningkatkan fungsi
perpustakaan dan mengubah peran pustakawan secara hakiki. Sekolah tidak perlu
melanjutkan penderitaan atas kelangkaan pendukung perpustakaan dengan
memanfaatkan sumber belajar yang kaya yang tersedia di Internet.
Upaya Pemberdayaan Internet untuk pendidikan
Saat InI dunia telah berada
dalam era komunikasi instan atau dikenal pula sebagai era informasi. Era
informasi ditandai oleh pesatnya perkembangan dalam bidang teknologi informasi dan
komunikasi (TIK), khususnya komputer dan internet. Internet merupakan jaringan
global yang menghubungkan beribu bahkan berjuta jaringan komputer (local/wide
areal network) termasuk komputer pribadi (stand alone), yang memungkinkan
setiap komputer yang terhubung kepadanya bisa saling melakukan komunikasi satu
sama lain. Sebenarnya, internet awalnya lahir untuk suatu keperluan militer di
Amerika Serikat. Pada awal tahun 1969 Advanced Research ProjectAgency (ARPA)
dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat, membuat suatu eksperimen jaringan
yang diberi namaARPAnet untuk mendukung keperluan penelitian (riset) kalangan
militer. Tetapi dalam perkembangan selanjutnya jaringan ini dipergunakan untuk
keperluan riset perguruan tinggi, yang dimulai dengan University of California,
Stanford Research Institute dan University of Utah (Cronin, 1996). Fasilitas
aplikasi Internet cukup banyak
sehingga mampu memberikan dukungan bagi keperluan militer, kalangan media
massa, kalangan bisnis, maupun kalangan pendidikan.
Dalam kaitan pemanfaatannya
untuk pendidikan, Ashby (1972)
seperti dikutip oleh Miarso (2004), menyatakan bahwa dunia pendidikan telah memasuki
revolusinya yang kelima. Revolusi pertama terjadi ketika orang menyerahkan pendidikan anaknya kepada
seorang guru. Revolusi kedua terjadi ketika digunakannya tulisan untuk
keperluan pembelajaran. Revolusi ketiga terjadi seiring dengan ditemukannya
mesin cetak sehingga materi pembelajaran dapat disajikan melalui media cetak.
Revolusi keempat terjadi ketika digunakannya perangkat elektronik seperti radio
dan televisi untuk pemerataan dan perluasan pendidikan. Revolusi
kelima, seperti saat ini, dengan dimanfaatkannya teknologi komunikasi dan
informasi mutakhir, khususnya komputer dan internet untuk pendidikan. Revolusi ini
memberi dampak terhadap beberapa kecenderungan pendidikan masa depan.
Beberapa ciri tersebut, menurut Ashby seperti dikutip oleh Miarso (2004) adalah
sebagai berikut:
- Berkembangnya pembelajaran di luar kampus sebagai bentuk pendidikan berkelanjutan.
- Orang memperoleh akses lebih besar dari berbagai sumber belajar.
- Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar menjadi ciri dominant dalam kampus.
- Bangunan kampus berserak (tersebar) dari kampus inti di pusat dengan kampus satelit yang ada di tengah masyarakat.
- Tumbuhnya profesi baru dalam dalam bidang media dan teknologi.
- Tuntutan terhadap lebih banyak belajar mandiri.
Kecenderungan lain, seperti
diungkapkan oleh Ryan et al (2000) adalah sebagai berikut:
Teknologi yang ada saat ini
dapat mentransformasi cara pengetahuan dikemas, disebarkan, diakses, diperoleh
dan diukur. Sehingga merubah cara produksi dan penyampaian materi dari cetak
dan analog ke dalam bentuk digital dalam bentuk DVD, CD-ROM, maupun bahan
belajar on-line berbasis web lainnya.
Orang akan lebih memilih
metode belajar yang lebih luwes (flexible), mudah, dan sesuai dengan kebutuhan
dan kondisinya masing-masing. Sehingga memicu terjadinya pergeseran pola pendidikan dari tatap muka
(konvensional) kearah pendidikan
yang lebih terbuka. Dengan adanya teknologi internet ini
sistem penyampaian dan komunikasi (delivery system and communication) antara
siswa dengan guru, guru dengan guru atau siswa dengan siswa dapat dilakukan
dengan berbagai bentuk dan cara, baik secara bersamaan (synchronous) maupun
(asynchronous). Beberapa bentuk komunikasi yang dapat dilakukan antara lain
adalah sebagai berikut (Purbo, 1997):
- Dialog elektronik (chatting); dialog elektronik adalah percakapan berbasis teks yang dapat dilakukan secara online dalam waktu bersamaan (synchronous) antara dua atau lebih pengguna internet. Contoh aplikasi dalam konteks pendidikan tinggi, dialog elektronik dapat digunakan untuk proses komunikasi antara dosen dengan beberapa orang mahasiswanya dalam mendiskusikan suatu topik perkuliahan tertentu.
- Surat elektronik (e-mail); surat elektronik merupakan suatu bentuk komunikasi tidak bersamaan (asynchronous) yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara mahasiswa dengan dosen atau mahasiswa dengan mahasiswa lain melalui surat yang disampaikan secara elektronik melalui internet. Berbeda dengan chatting, dengan cara ini umpan balik yang diperoleh mungkin tertunda.
- Konferensi kelompok melalui surat elektronik (mailing list); Mailing list merupakan perluasan dari e-mail dimana seseorang dapat mengirim pesan kepada sekelompok orang tertentu yang telah terdaftar untuk bergabung dalam kelompok diskusi. Sebagai contoh, seorang dosen memiliki daftar mahasiswa yang tergabung dalam kelompok mata kuliah tertentu. Pemberian tugas dan diskusi dapat dilakukan melalui fasilitas seperti ini.
- Konferensi jarak jauh (teleconference); konferensi jarak jauh dapat berupa konferensi audio maupun konferensi video. Kedua konferensi ini dapat dilakukan dengan cara “point to point” atau “multi point”. Cara pertama dilakukan dalam dua tempat. Sedangkan cara kedua dilakukan dalam lebih dari dua tempat. Sebagai contoh, seorang guru dari sekolah tertentu dapat mendiskusikan suatu topik tertentu kepada siswa di beberapa sekolah lain dalam waktu bersamaan.
Salah satu kampus multimedia di indonesia adalah Universitas Internasional Batam.
BalasHapus